Khalifah Rasyidah yang Empat


Bilangan empat (4) adalah sebuah bilangan genap yang merupakan hasil dari penjumlahan dua dengan dua sekaligus merupakan hasil dari perkalian dua dengan dua. Akar kata bermakna empat adalah [ربع].

Kata ‘empat’ di dalam KBBI:
Berikut beberapa makna ‘empat’ dalam kamus bahasa Indonesia.
1 bilangan yg dilambangkan dengan angka 4 (Arab) atau IV (Romawi);
2 urutan ke-4 sesudah ke-3 dan sebelum ke-5:
3 jumlah bilangan 3 ditambah 1;

Penyebutan "empat" di dalam Al-Quran

Kata bermakna ‘empat’ di dalam Al-Quran memiliki variasi makna. Selain bermakna ‘empat’ saja, di dalam Al-Quran akar kata ini juga digunakan untuk menunjukkan arti: empat puluh, seperempat, keempat.

Al-Baqoroh 260:

.. قال فخذ أربعة من الطير فصرهن إليك ثم اجعل على كل جبل منهن جزءا ..

 .. Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah[1] semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, ..

[1] Pendapat di atas adalah menurut At-Thabari dan ibnu Katsir, sedang menurut Abu Muslim Al Ashfahani pengertian ayat di atas bahwa Allah memberi penjelasan kepada Nabi Ibrahim a.s. tentang cara dia menghidupkan orang-orang yang mati. Disuruh-Nya Nabi Ibrahim a.s. mengambil empat ekor burung lalu memeliharanya dan menjinakkannya hingga burung itu dapat datang seketika, bilamana dipanggil. Kemudian, burung-burung yang sudah pandai itu, diletakkan di atas tiap-tiap bukit seekor, lalu burung-burung itu dipanggil dengan satu tepukan/seruan, niscaya burung-burung itu akan datang dengan segera, walaupun tempatnya terpisah-pisah dan berjauhan. Maka demikian pula Allah menghidupkan orang-orang yang mati yang tersebar di mana-mana, dengan satu kalimat cipta hiduplah kamu semua. Pastilah mereka itu hidup kembali. jadi menurut abu muslim sighat amr (bentuk kata perintah) dalam ayat ini, pengertiannya khabar (bentuk berita) sebagai cara penjelasan. Pendapat beliau ini dianut pula oleh Ar Razy dan Rasyid Ridha.

Al-A`rof 142:

وواعدنا موسى ثلاثين ليلة وأتممناها بعشر فتم ميقات ربه أربعين ليلة ..

Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. ..

An-Nur 45:

.. فمنهم من يمشى على بطنه ومنهم من يمشى على رجلين ومنهم من يمشى على أربع ..

 .. maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. ..

Penggunaan kata bermakna ‘empat’ dalam Praktik

Kata bermakna empat disebut 22 kali di dalam 21 ayat dalam Al-Quran. Entitas berjumlah empat misalnya roda mobil, sudut lapangan bola, serta jumlah sisi bujur sangkar atau persegi. Ketika dua orang ingin melakukan pembicaraan yang hanya diketahui oleh keduanya, maka digunakan istilah pembicaraan empat mata. Dalam sejarah kepemimpinan khilafah dalam Islam, empat sahabat pengganti khalifah setelah Nabi Muhammad ada empat, yaitu: Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Mereka berempat dikenal sebagai Khulafaur-Rosyidin.

Di dalam Geografi, dikenal istilah empat penjuru alam atau empat mata angin, yaitu utara, timur, barat, dan selatan. Selain itu, kita juga mengenal empat musim di beberapa wilayah bumi khususnya belahan utara dan belahan selatan.

Di dalam Matematika, kita mengenal istilah-istilah misalnya: empat persegi: bidang yg dibatasi empat garis lurus, empat persegi panjang: empat persegi yg dua sisinya tidak sama panjang, dan empat persegi serong atau jajaran genjang atau paralelogram.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Alif-Lam dan Tanwin Tidak Pernah Bertemu?

Seluruh Huruf Hijaiyyah Ada di Dalam Ayat Ini

Kafir (Arab) dan Cover (Inggris)