Tiga Serangkai


Bilangan tiga (3) adalah bilangan prima ganjil yang pertama. Akar kata bermakna tiga adalah [ثلث].

Makna “tiga” di dalam KBBI
1 bilangan yg dilambangkan dng angka 3 (Arab) atau III (Romawi).
2 urutan ke-3 sesudah ke-2 dan sebelum ke-4.
3 jumlah bilangan 2 ditambah 1.

An-Nisa’ 171:

.. ولا تقولوا ثلاثة انتهوا خيرا لكم إنما الله إله واحد ..
 .. dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan yang Maha Esa, ..

An-Nur 58:

 ثلاث مرات من قبل صلوة الفجر وحين تضعون ثيابكم من الظهيرة ومن بعد صلوة العشاء ثلاث عورات لكم
 .. tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya'. (Itulah) tiga 'aurat bagi kamu. ..

Maksudnya: tiga macam waktu yang biasanya di waktu-waktu itu badan banyak terbuka. oleh sebab itu Allah melarang budak-budak dan anak-anak dibawah umur untuk masuk ke kamar tidur orang dewasa tanpa idzin pada waktu-waktu tersebut.

Yasin 14:

إذ أرسلنا إليهم اثنين فكذبوهما فعززنا بثالث فقالوا إنا إليكم مرسلون
 (yaitu) ketika kami mengutus kepada mereka dua orang utusan, lalu mereka mendustakan keduanya; Kemudian kami kuatkan dengan (utusan) yang ketiga, Maka mereka (ketiga utusan itu) berkata: "Sesungguhnya kami adalah orang-orang di utus kepadamu".

Penggunaan kata bermakna “tiga” dalam praktik

Kata bermakna tiga disebut 32 kali di dalam 28 ayat Al-Quran. Kata satu per tiga atau dua per tiga termasuk di dalamnya.
Entitas berjumlah tiga misalnya tripod kaki tiga, penghargaan medali: emas, perak, perunggu, berjumlah tiga, serta jumlah roda becak dan bajaj. Konsep trinitas dalam agama Nasrani juga menggunakan kata tiga. Trias politika terdiri dari tiga elemen demokrasi yaitu: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ada banyak hal terwakili dengan bilangan tiga.
Kata dengan makna ‘tiga’ diserap ke dalam bahasa Indonesia untuk menamakan hari yang ketiga dalam satu pekan, berasal dari transliterasi ‘tsalatsa’. Dengan lidah orang Indonesia, lahirlah sebuah nama hari yang disebut "Selasa".

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Alif-Lam dan Tanwin Tidak Pernah Bertemu?

Seluruh Huruf Hijaiyyah Ada di Dalam Ayat Ini

Kafir (Arab) dan Cover (Inggris)