Dua yang Berpasangan

clipartmag.com

Bilangan dua (2) adalah bilangan genap positif yang pertama. Bilangan berpangkat dua disebut bilangan kuadrat. Semua bilangan kuadrat akan menghasilkan perkalian bilangan itu sendiri. Bilangan dua juga merupakan bilangan prima pertama yang sekaligus merupakan satu-satunya bilangan prima yang genap. Dalam bahasa Arab, akar kata bermakna dua adalah [ثني].

Makna “dua” dalam KBBI
1 bilangan yg dilambangkan dng angka 2 (Arab) atau II (Romawi).
2 urutan ke-2 sesudah pertama dan sebelum ke-3.
3 jumlah bilangan 1 ditambah 1.

Ar-Ro`d 3:

.. ومن كل الثمرات جعل فيها زوجين اثنين ..
 .. dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan dua, ..

Yang dimaksud berpasang-pasangan, ialah jantan dan betina, pahit dan manis, putih dan hitam, besar kecil dan sebagainya, jadi jumlahnya menjadi dua.

Al-Mu’min 11:

قالوا ربنا أمتنا اثنتين وأحييتنا اثنتين فاعترفنا بذنوبنا فهل إلى خروج من سبيل
Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka Adakah sesuatu jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)?"

Saba’ 46:

قل إنما أعظكم بواحدة أن تقوموا لله مثنى وفرادى ثم تتفكروا ..
Katakanlah: "Sesungguhnya aku hendak memperingatkan kepadamu suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri. ..

Makna “dua” dalam praktik sehari-hari

Kata bermakna “dua” disebut 29 kali di dalam 24 ayat Al-Quran. Entitas yang berjumlah dua misalnya semua benda berpasangan: pria dan wanita, laki-laki dan perempuan, lady and gentlement, jumlah tim yang berlaga di partai final, jumlah mata, lubang hidung, jumlah telinga, jumlah tangan dan jumlah kaki.

Di dalam Al-Quran dikenal surat-surat yang berpasangan. Misalnya: Surat Al-Falaq dan An-Nas disebut sebagai Al-Mu`awidzatain. Surat Al-Baqoroh dan Ali `Imron disebut dengan Az-Zahrowain. Hari Senin adalah hari kedua dalam satu pekan, berasal dari kata itsnain, kemudian mengalami transliterasi dan penyerapan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “Senin”.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Alif-Lam dan Tanwin Tidak Pernah Bertemu?

Seluruh Huruf Hijaiyyah Ada di Dalam Ayat Ini

Kafir (Arab) dan Cover (Inggris)