Kucing: dari bahasa Inggris, Prancis, atau Arab?

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan rumahan yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kucing juga menempati kedudukan yang istimewa dalam keseharian Rosulullah ﷺ. Salah seorang sahabatnya, Abu Hurairah, begitu dekat dengan binatang lucu ini, sampai akhirnya Rosulullah ﷺ memberikan julukan unik kepadanya.



Dalam Kitab Bulughul Maram disebutkan satu hadits:
Diceritakan Abu Qatada (rad): Utusan Allah (ﷺ) mengatakan tentang kucing itu, “Itu tidak najis, tetapi adalah salah satu dari mereka yang berbaur dengan Anda.” [Dilaporkan oleh Al-Arba'a. At-Tirmidzi dan Ibn Khuzaima memberinya peringkat Sahih (suara). At-Tirmidzi: 92].

Dalam hadits lain dalam Sunan Ibn Majah, diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa:
Utusan Allah berkata: "Kucing tidak membatalkan shalat, karena mereka adalah salah satu hal yang berguna di rumah." [Sunan ibn Majah: 399, hadits hasan]

Dari mana kosakata "kucing" berasal?
Wikipedia menyatakan: A kitten is a juvenile cat. After being born, kittens are totally dependent on their mother for survival and they do not normally open their eyes until after seven to ten days. After about two weeks, kittens quickly develop and begin to explore the world outside the nest. After a further three to four weeks, they begin to eat solid food and grow adult teeth. Domestic kittens are highly social animals and usually enjoy human companionship.
[Anak kucing adalah kucing remaja. Setelah lahir, anak-anak kucing benar-benar bergantung pada induknya untuk bertahan hidup dan mereka biasanya tidak membuka mata sampai tujuh sampai sepuluh hari. Setelah sekitar dua minggu, anak-anak kucing dengan cepat berkembang dan mulai menjelajahi dunia di luar sarang. Setelah tiga sampai empat minggu, mereka mulai makan makanan padat dan menumbuhkan gigi orang dewasa. Anak kucing domestik adalah hewan yang sangat sosial dan biasanya menikmati persahabatan manusia.]

Masih dari Wikipedia: The word "kitten" derives from the Middle English word kitoun, which in turn came from the Old French chitoun or cheton.

[Kata "kitten" berasal dari bahasa Inggris Tengah kata kitoun, yang pada gilirannya berasal dari chitoun atau cheton Prancis Kuno.]

Sementara itu, dalam bahasa Arab, salah satu istilah untuk kucing adalah:
قِطٌّ، قِطَّةٌ
Transliterasi: qiththun [kucing jantan] dan qiththotun [kucing betina].

Kucing dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Arab ternyata mirip. Secara ilmu bahasa, sesuatu bahasa bisa menyerap kosakata dari bahasa yang lain. Pertanyaannya, "Bahasa mana yang lebih dulu menggunakannya, dan bahasa mana yang menyerapnya?"

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Alif-Lam dan Tanwin Tidak Pernah Bertemu?

Seluruh Huruf Hijaiyyah Ada di Dalam Ayat Ini

Kafir (Arab) dan Cover (Inggris)